KESUKSESAN INI ADALAH KEBANGGAAN KITA BERSAMA

Lomba pacuan kuda yang baru pertama kali diadakan di Sragen, berakhir sukses. Hal ini diungkapkan oleh beberapa pemilik stable yang hadir untuk menyaksikan lomba ini di Lintasan Pacuan Kuda Nyi Ageng Serang Sargen, 8-10 Desember 2006 lalu. Selain menyedot animo masyarakat yang sedemikian besar, hingga jalan menuju lintasan sempat macet sejauh 5 km oleh antrian penonton, kesuksesan ini dapat juga dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti perlombaan.

Tak kurang dari 160 ekor kuda yang berlomba dalan 17 kelas selama event tiga hari tersebut. Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa dan Bali. Pemerintah Kabupaten Sragen yang bekerjasama dengan Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Propinsi Jawa Tengah juga dinilai sukses sebagai penyelenggara even akbar itu. Seperti yang diungkapkan Ir. Gatot Nugroho asal Yogyakarta. Menurutnya, dari beberapa lintasan serupa di Jawa Tengah, Sragen dinilainya paling bagus. Dari segi lintasan, penataan, manajemen pengelolaan, dan pemandangannya, Sragen punya nilai lebih, kata salah satu rombongan dari Stable Argomulyo itu ketika diwawancarai di sela-sela pelaksanaan lomba. Saya kagum dengan cara kerja panitia. Sungguh bukan hal yang mudah mengingat Sragen baru pertama kali mengadakan even seperti ini,tambahnya. Rapi, sistematis, dan profesional adalah kata yang tepat untuk menggambarkannya.

Acungan jempol juga diberikan oleh Ketua Komisi Pacuan Pengda PORDASI Jawa Tengah, Ir.H. Munawir, ketika acara beru saja berakhir. Olah raga berkuda adalah even yang menarik untuk disaksikan kapanpun juga. Sragen layak untuk mengadakan even-even seperti ini lagi diwaktu-waktu yang akan datang, katanya sambil tersenyum. Terus terang saya terkejut, 15 race di hari terakhir dapat terlaksana tepat waktu. Padahal penonton begitu berjubel, dan akses jalan masuk ke lintasan terbatas. Ini tak lepas dari kerja keras dan kekompakan penyelenggara, katanya. Drs. Hari Kuncoro, S.Sos,M.Si, ymt Kepala Kantor Pariwisata Investasi dan Promosi yang juga selaku sekretaris panitia lomba pacuan kuda Gubernur Cup 2006 mengatakan, kesuksesan ini adalah kebanggaan milik masyarakat Sragen. Kerja keras seluruh elemen yang terlibat kini telah menghasilkan buah yang manis. Setelah Sragen dikenal luas melalui prestasi di bidang Pelayanan Prima, kini namanya bertambah harum lagi melalui olah raga berkuda, katanya. Kelak, aset kabupaten berupa lapangan pacuan kuda ini akan terus dikembangkan lebih baik lagi.Meski sukses telah diraih, tak berarti kita lalu berpuas diri.

Berkaca pada pengalaman saat ini, kelak akan ada beberapa hal lagi yang perlu lebih ditingkatkan, katanya merendah. Mengacu pada arahan Bupati Sragen H Untung Wiyono, di kawasan Sumberlawang nantinya akan dikembangkan menjadi supermarket hewan 24 jam. Juga akan ada berbagai kegiatan olah raga berkuda seperti lintas alam/ hiking berkuda, sekolah berkuda, dan even pacuan kuda yang akan diadakan rutin secara berkala. Bagi pemilik kuda atau Stable yang ingin memanfaatkan areal tersebut, kami persilahkan. Di sana tersedia fasilitas istal dan homstay yang representatif,pungkasnya. Demikian Bag. Humas Setda Sragen memberitakan (Sragen News Online)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s