Mengenai Olahraga Equestrian

Perkembangan Olahraga Berkuda

 

Hubungan antara manusia dengan kuda sudah dikenal sejak zaman purba, seperti kita dapat melihat dari kesenian dan sastra yang berasal dari negeri Ukraine, China, Mesir, Persia dan Yunani kuno.

 

Manusia purba memburu kuda dan menyantap dagingnya. Walaupun sulit untuk menentukan secara pasti mengenai siapa yang pertama kali menjinakkan kuda dan melatihnya untuk ditunggang, penemuan ilmiah menunjukkan bahwa manusia telah menunggang kuda sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Suku Yunani dan Romawi kuno merupakan ahli tunggang dan menggunakan kuda untuk pacuan dan olahraga. Tentara Yunani dan Romawi menunggang kuda dalam perang, dan suku Yunani (Xenophon) menulis tentang prinsip-prinsip berkuda sedini 400 S.M. Hingga kini prinsip-prinsip mereka masih digunakan untuk berkuda.

 

Pada zaman Renaissance, banyak bangsawan mendatangi sekolah menunggang besar di Eropa untuk belajar seni tunggang.

Akademi berkuda pertama didirikan oleh Federico Grisone 1532 di Napoli, Itali, kemudian pada akhir abad 16 sebuah akademi equestrian berkembang di Versailles, Perancis, tetapi kemudian menghilang karena revolusi Perancis. Sebuah sekolah menunggang “kuno” yang bertahan hingga kini adalah Spanish Riding School yang didirikan 1572 di Wina, Austria.

Sekolah kavaleri Perancis yang didirikan 1768 di Saumur, dengan pakar Pluvinel dan La Guérinière, juga memberikan kontribusi besar kepada seni equestrian modern, terutama Dressage/ Tunggang Serasi.

 

Olahraga berkuda yang kita mengenal di zaman sekarang, berkembang pada bagian kedua abad 19.

 

(detail please view: http://www.equestrian-indonesia.org)

1 Comment

  1. mana beritanya kosong aja neh


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s